Kamis, 06 Oktober 2011

Ikan Hias Cantik Untuk Aquarium Air Tawar ( 1 )

Scientific Name : Monodactylus argenteus
Common Name : Mono
Diet : Omnivorous
Tank Level : Middle & lower
Temperament : Peaceful & Shoaling
MONODACTYLUS ARGENTEUS Ikan hias tangkapan alam air payau ini bisa dipelihara dalam akuarium air tawar. Ikan ini adalah ikan shoaling, jadi dalam pemeliharaannya minimal 3 ekor dan bisa tumbuh mencapai ukuran 12 inchi, tapi umumnya yg dijual sebagai ikan hias berukuran 2 inchi sampai 5 inchi Jika Anda ingin memelihara ikan ini dalam aquarium, tambahkan garam 3 – 4 sendok makan per 100 lt air tawar Untuk masalah makanan ikan ini sangat mudah, sebab termasuk omnivore.
Apapun akan dimakan : pelet, bloodworms, tubifex, sayuran, dll. Sampai sekarang ini, ikan monodactylus belum bisa dibudidayakan, bahkan untuk mengetahui jantan atau betina masih belum pasti patokannya.




Scientific Name : Scatophagus multifasciatus
Common Name : Silver scat
Diet : Omnivorous
Tank Level : Middle & lower
Temperament : Peaceful & Shoaling
Catatan : Ada jenis lain dari SCAT yg biasa dijadikan ikan hias, yaitu GREEN SCAT dan RED SCAT.









Scientific Name : Toxotes jaculator
Common Name : Archerfish
Diet : Carnivorous
Tank Level : Upper
Temperament : Peaceful
…..ARCHERFISH…. Archerfish atau Spinnerfish memiliki bentuk badan yang pipih, dengan sirip punggung yang memanjang sampai bagian belakang. Mulut protractile, dan rahang bawah menonjol keluar (seperti ikan arwana). Ikan ini umumnya berukuran 5 – 15 cm, beberapa yg ditangkap pada habitatnya ada yg berukuran sampai 40 cm. Ikan Sumpit (local name) atau Archerfish, sangat menyukai serangga dan hewan ...kecil lainnya (ikan, udang, dll). Jika ada serangga yg sedang terbang di atas permukaan air, dia (ikan archer maksud saya) akan menembak (menyemprot dengan air dan jarang meleset tembakannya) serangga tersebut. Tembakannya akurat sampai jarak 30cm di atas permukaan air. Bahkan ikan sumpit yg berukuran dewasa dapat menembak dengan tepat sampai jarak 300cm dengan sudut sekitar 74 derajat dari horizontal.
Catatan : Ikan ini sangat unik perilakunya, jika ada serangga yg melintas di atas akuarium, maka dia akan menyemprotkan air untuk menangkapnya, jika serangga sudah jatuh ke dalam akuarium, segera disambar serangga tersebut dan...nyam...nyam...nyam, makanya ikan tersebut disebut IKAN SUMPIT (nama lokal).


Scientific Name : Paracheirodon Innesi
Common Name : Neon Tetra
Suhu : 20 - 26 oC
PH : 6 - 7,8
Neon Tetra memiliki cahaya yang memancar biru-putih perak perut dengan kombinasi warna perak, putih, biru dan merah.
Ikan ini sangat digemari banyak orang, suka berkelompok dan sangat pendamai, cocok sebagai fauna aquascape.
Tumbuh sekitar 3 cm dan termasuk ikan yg bisa berumur panjang (dihabitat yg sesuai bisa 10 thn).



Common Name : Threadfin Rainbowfish
Scientific Name : Iriatherina werneri
Ukuran maksimum di akuarium (min-max): 4 - 5 cm (1,57-1,97 in)
pH air: 6-8
Kesadahan air (DGH): 5 - 12 ° N
Fitur suhu: 26 - 30 ° C (78,8-86 ° F)
Ikan yang sangat memikat ini memiliki temperamen damai, dan suka berenang pada permukaan.
Karena mulutnya kecil, sebaiknya ikan ini diberi makanan cacing sutra, kutu air atau makanan buatan (pelet) yg berbentuk flake.
Yg jantan memiliki sirip yg lebih panjang serta warna yg lebih tajam.
Cocok sekali jika aquarium tempat memelihara ikan ini diberi banyak tanaman air / aquascape. Ikan ini bisa berumur 3 - 5 tahun.


 Algae Eater......ada yg bilang Chines Algae Eater, Lemon Algae Eater, Sapu-sapu Bangkok.
Banyak orang yg punya hoby aquascape, mengandalkan ikan ini untuk membasmi alga.






Borneo Sucker......ikan yang masih mengandalkan tangkapan alam ini terlihat sangat lucu jika ditaruh dalam akuarium yang ada aquascapenya. Selain sebagai fauna yang unik, borneo sucker juga bermanfaat sebagai pemakan algae yang cukup efektif.








Ikan hias air-tawar PUNTIUS DENISONII.......sangat menawan sebagai fauna aquascape.










BOTIA MACRACHANTA......ikan hias air tawar asli Indonesia ini merupakan koleksi favorit penggemar ikan hias. Bentuk, warna dan motifnya sangat menarik, memelihara ikan ini sebaiknya beberapa ekor, karena suka bergerombol dan berenang cukup aktif. Dipasaran internasional harga ikan botia termasuk tinggi, dan salah satu komoditi andalan para exporter ikan hias, sayang sampai saat ini budidaya ikan botia masih jarang dilakukan karena sulit, sehingga untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negri dan luar negri masih mengandalkan tangkapan alam.

........(bersambung)





Share

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright (c) 2010 KIRAYA and Powered by Blogger.