Kamis, 06 Oktober 2011

Ikan Hias Cantik Untuk Aquarium Air Tawar ( 2 )

…..REDLINE PIPEFISH…….
Ikan hias air tawar Redline Pipefish terlihat seperti kuda laut bertubuh lurus dengan mulut kecil. Nama Pipefish ini berasal dari bentuk aneh moncong mereka, yang seperti tabung panjang, berakhir di mulut sempit dan kecil yang terbuka ke atas dan ompong. Tubuh dan ekor panjang, tipis, seperti ular. Mereka memiliki kerangka yang dimodifikasi seperti dibentuk menjadi plat tipis.
Dipunggungnya terdapat sirip, dan bukaan penutup insangnya ditempatkan dekat sudut posterior.
Redline pipefish berenang sangat pelan di atas permukaan air, bergerak perlahan seperti ranting yang hanyut, tetapi jika ada gangguan, dia bisa bergerak cepat.
Ikan ini sangat setia dengan pasangannya (monogami), betina tugasnya hanya bertelur saja, dan jantan yang mengandung (jantan memiliki kantung untuk menyimpan telur). Selain mengandung, tugas pejantan merawat anak-anaknya sampai siap untuk mandiri.
Sebagai pria saya setuju monogami, tapi saya tdk bisa ngebayangin kalau harus mengandung dan merawat bayi,…… apa kata mereka dunk…..??


 .......BUMBLEBEE GROUPER (Kerapu Emas)..........
Kerapu Emas atau bumblebee grouperdengan nama ilmiah lanceolatus Epinephelus. merupakan salah satu ikan kerapu yang bisa bertumbuh besar. Di habitatnya bisa mencapai ukuran lebih dari 2 m dengan berat lebih dari 500 kg.
Ikan ini biasa ditemui pada perairan dangkal yang banyak karangnya.
Ikan bumblebee grouper yang berukuran kecil sampai remaja, memiliki warna yang indah, belang-belang tidak beraturan dengan kombinasi warna kuning dan hitam yang memikat. Jika sudah dewasa, ikan ini memiliki warna kombinasi coklat dan hitam.
Bumblebee berukuran kecil dan yang ditangkap dari kawasan air payau, bisa dipelihara dalam akuarium air tawar (tentunya memalui tahap penyesuaian). Atau kalau mau beli yang sudah air tawar bisa diperoleh di AQUALIFE AQUARIUM – Yogyakarta.
Jika dipelihara dalam akuarium air tawar, tambahkan garam ikan sebanyak 5 sendok makan per 100 liter air tawar. Kerapu emas bisa diberi pakan ikan atau udang berukuran kecil. Supaya ikan ini merasa nyaman, buatkan gua dari batu karang dalam akuarium Anda, selain sebagai hiasan, gua ini juga berfungsi sebagai tempat sembunyi. Ikan kerapu emas tergolong ikan pemberani, tetapi tidak terlalu agresif.


...GUPPY... 
Bagi Anda yang ingin memelihara ikan hias, tak ada salahnya memilih guppy, jenis ikan hias paling popular di dunia. Bentuknya yang mungil namun dengan sirip ekor yang lebar menjadikannya sebagai pilihan utama memelihara ikan hias dalam akuarium. Dibandingkan ikan koki, ikan hias guppy lebih mudah dalam pemeliharan dan juga lebih tahan hidup.
Ikan guppy berasal dari ikan rawa dengan nama Poecilia reticulata guppy. Ikan yang berkembang biak dengan cara beranak ini tidak terlalu menuntut lingkungan air untuk hidupnya. Asal cukup oksigen dan makan, ikan guppy bisa hidup dan berkembang dengan baik. Harganya pun relatif murah, yaitu antara 2 hingga 3 ribu rupiah perekor anakan.



.......IKAN MASKOKI.........
Berdasarkan riwayatnya, ikan maskoki merupakan salah satu ikan hasil domestikasi tertua di dunia. Ikan bernama latin Catassius auratus mulai dipelihara di rumah-rumah pada zaman Dinasti Sung di China pada sekitar 960 Masehi. Lalu, mulai dikomersialkan pada Dinasti Ming pada 1368-1644 Masehi.
Ikan maskoki kemudian merambah ke Jepang sekitar 1500 Masehi dan masuk ke benua Eropa sekitar dua abad kemudian. Di Negeri Matahari Terbit, perkembangan varietas maskoki semakin pesat dari hasil perkawinan silang. Dihasilkan varietas baru dengan bentuk yang variatif seperti yang ada saat ini. Ikan maskoki yang dihasilkan antara lain berbentuk bulat, pendek, benjol-benjol, dan bersirip panjang.
Varietas ikan maskoki dari Jepang tersebut kemudian memiliki nama Latin catassius auratus var japonicus. Dari Jepang, ikan maskoki menyebar ke wilayah Eropa maupun Amerika. Kemudian, menjadi populer karena dapat dijumpai di toko-toko ikan hias di seluruh dunia. 


.....Cupang......
(Betta SP.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam.
Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Ikan cupang adalah salah satu
Ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.


Sumber : berbagai sumber


Share

5 komentar:

7Top Ranking mengatakan...

mantap bro artikelnya, tapi ikan BUMBLEBEE GROUPER ini sulit dicari, dimana kita bisa dapat, maklum lah saya pencinta ikan hias

Halim mengatakan...

Terima Kasih bro http://7topranking.blogspot.com/
sama kita juga suka sama ikan hias, kalo saya biasa dapat info dari jogja kadang ada bro, search aja...

Rob pancy mengatakan...

Wow wow bagus mahal? Tidak di tulis harga sepasang berapa

Anonim mengatakan...

ikan gupi bisa idup di akuarium bola yg ngga ada oksigennya ngga min?

Arafah Aquarium mengatakan...

Bro, jika tinggalnnya di seputar jakarta bisa mampir ke toko kami http://arafahaquarium.blogspot.com bisa pesan Kerapu mas, barracuda, ketang2 dll. yang sudah teradaptasi dgn air payau maupun tawar. Tq ^_^

Poskan Komentar

 
Copyright (c) 2010 KIRAYA and Powered by Blogger.