Jumat, 09 September 2011

Black Ghost

Ikan Black Ghost (Apteronotus albofrons), berasal dari sungai Amazone, Brazil, Amerika Selatan. Ikan ini dikenal juga dengan sebutan ikan setan (ikan hantu), namun julukan ini sebenarnya kurang tepat, karena penampilan ikan hias ini tidak menakutkan, tetapi justru mempesona penggemarnya. Ikan ini merupakan ikan pendamai. Ukurannya bisa mencapai 50 cm dengan panjang rata-rata sekitar 35 cm.

Bentuk tubuhnya pipih memanjang dengan warna tubuh hitam dan berbercak putih atau kuning dibagian ekornya. Berdasarkan bentuk tubuhnya tersebut Black Ghost digolongkan kedalam ikan pisau (Knifefishes), yaitu gologan ikan berbentuk menyerupai pisau yang melebar di bagian kepala dan badan kemudian meruncing dibagian perut.






Black Ghost juga digolongkan kedalam "electric fishes", ikan yang mampu menghasilkan listrik. Ikan ini digolongkan dalam ikan penghasil listrik lemah (< 1V/cm) dengan frekwensi medan listrik antara 0.1 - 10 kHz. Listrik ini digunakan untuk mengenali objek disekitarnya dan untuk berkomunikasi dengan ikan listrik lainnya. Sering disarankan agar Black Ghost tidak dipelihara lebih dari 2 ekor dalam satu tempat, atau dicampur dengan ikan penghasil listrik lainnya seperti, ikan gajah (Gnathonemus elephas, atau Gnathonemus petersii), karena hal ini diduga akan dapat saling mengganggu "sistem radar dan sistem navigasi" yang mereka miliki. Black Ghost diketahui sering juga memancarkan listriknya untuk mengejutkan ikan lain yang mencoba mendekati dan "mengisengi" ekornya karena disangka sebagai mangsa.Jenis ikan hias Black Ghost saat ini banyak dibudidayakan oleh petani ikan hias di DKI Jakarta. Sedangkan pemasaran ikan ini selain di dalam negeri juga merupakan jenis ikan yang diekspor dan harganyapun cukup tinggi.

Black ghost knifefish
Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Gymnotiformes
Family: Apteronotidae
Genus: Apteronotus
Species: A. albifrons
Binomial name
Apteronotus albifrons
(Linnaeus, 1766)

Share

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 KIRAYA and Powered by Blogger.