1. Pinisi
Kapal kayu Pinisi telah digunakan di Indonesia sejak beberapa abad
yang lalu, diperkirakan kapal pinisi sudah ada sebelum tahun 1500an.
Menurut naskah Lontarak I Babad La Lagaligo pada abad ke 14, Pinisi
pertama sekali dibuat oleh Sawerigading, Putera Mahkota Kerajaan Luwu
untuk berlayar menuju negeri Tiongkok hendak meminang Putri Tiongkok
yang bernama We Cudai. Pinisi adalah kapal layar tradisional
khas asal
Indonesia, yang berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar di Sulawesi
Selatan. Kapal ini umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah
layar, yaitu tiga di ujung depan, dua di depan, dan dua di belakang,
umumnya digunakan untuk pengangkutan barang antarpulau. Pinisi adalah
sebuah kapal layar yang menggunakan jenis layar sekunar dengan dua tiang
dengan tujuh helai layar yang mempunyai makna bahwa nenek moyang bangsa
Indonesia mampu mengharungi tujuh samudera besar di dunia.
2. Barque Sedov
Kapal ini awalnya dikenal sebagai Magdalena Vinnen II. Kapal layar
ini dibuat di Jerman pada tahun 1921 yang biasa digunakan sebagai kapal
kargo hingga tahun 1936. Pada 1936, kapal ini beralih fungsi menjadi
kapal untuk pelatihan militer. Setelah Perang Dunia Kedua, kapal ini
diserahkan kepada angkatan laut Soviet dan namanya diubah menjadi Sedov
yang terinspirasi dari penjelajah Soviet yang terkenal, Georgy Sedov.
Aspek yang paling unik dari Kapal Sedov adalah pada saat dibangun, di
samping tiang-tiang baja berlayar empat, kapal ini ditambahkan mesin.
Saat ini setelah 90 tahun sejak kapal ini dibuat, Sedov masih beroperasi
dan digunakan sebagai wadah pelatihan bagi taruna dari
universitas-universitas Rusia St Petersburg dan Murmansk.
3. Royal Clipper
Royal Clipper merupakan kapal dengan lima tiang sejak Preussen
diluncurkan pada tahun 1902, (salah satu kapal layar kargo terakhir)
Preussen merupakan kapal layar kargo tercepat dan terbesar yang pernah
dibangun. Saat ini, Royal Clipper sangat mirip dengan bentuk Preussen di
semua bagian, tetapi dioptimalkan untuk kenyamanan penumpang daripada
membawa muatan, dan tampilan keseluruhan kapal tersebut dibuat baru,
namun berdasarkan bentuk dari kapal Preussen Jerman tersebut. Dengan
panjang 133,8 meter, Guiness Book of World Records menjadikan Royal
Clipper menjadi kapal layar terbesar saat ini. Dia menampung 228
penumpang dan 105 awak kapal, dan memiliki tiga buah kolam renang.
4. Preussen
Preussen adalah kapal layar kargo terbesar yang pernah ada, dibuat
dan diluncurkan di Jerman pada tahun 1902. Kapal ini memilik 5 tiang
dan layar yang terbuat dari baja. Kapal ini dahulu digunakan sebagai
kapal pengangkut Nitrat dari Amerika selatan.
5. Juan Sebastian Elcano
Kapal ini juga sering disebut Juan Sebastián de Elcano. Juan
Sebastián de Elcano adalah kapal pelatihan bagi Angkatan Laut Kerajaan
Spanyol. Kapal ini memiliki panjang 113 meter dan masuk sebagai Kapal
Layar terbesar dan tertinggi di dunia. Nama kapal ini diambil dari
penjelajah Spanyol, Juan Sebastián Elcano, kapten armada terakhir dalam
eksplorasi Ferdinand Magellan.
6. Thomas W. Lawson
Kapal ini dibuat oleh Perusahaan Fore River Ship and Engine yang
bermarkas di Massachusetts pada tahun 1901. Thomas W. Lawson adalah
kapal sekunar 7 tiang yang digunakan sebagai pengangkut batubara dan
minyak di pantai timur Amerika serikat. Thomas W. Lawson juga dianggap
sebagai Kapal layar kargo yang mempunyai tanker pertama di dunia
Sumber : http://forum.vivanews.com/aneh-dan-lucu/269455-6-kapal-layar-terbesar-dan-termegah-di-dunia.html
Share
0 komentar:
Posting Komentar